PLN Sukses Gelar PLN Electric Run 2024

terkini

Iklan



PLN Sukses Gelar PLN Electric Run 2024

Expossidiknews.com
07 Oktober, 2024, 19.35 WIB. Dibaca: kali Last Updated 2024-10-08T02:55:56Z
PLN Electric Run 2024 di Scientia Square Park, Gading Serpong, Tangerang, pada Minggu (6/10). (Ist)


TANGERANG | ESNews - PT PLN (Persero) kembali menggelar PLN Electric Run 2024 di Scientia Square Park, Gading Serpong, Tangerang, pada Minggu (6/10). Acara ini diikuti oleh 6.470 pelari dan berhasil berkontribusi terhadap pengurangan emisi karbon sebesar 14.363 kilogram (kg) CO2.

Dengan tema “Power Up Togetherness,” acara ini tidak hanya menjadi ajang olahraga, tetapi juga menunjukkan komitmen untuk keberlanjutan dan aksi nyata dalam menjaga lingkungan. Kegiatan ini diikuti oleh masyarakat umum, pelajar, komunitas pelari, pegawai PLN, dan atlet nasional yang berlaga di Pekan Olahraga Nasional (PON). Kategori lomba yang disediakan adalah 5K, 10K, dan half marathon.

Flag-off dimulai dari titik start-finish di Scientia Square Park, dengan pelepasan dilakukan oleh Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo, Komisaris PLN Mutanto Juwono, Pemimpin Redaksi Harian Kompas Sutta Dharmasaputra, dan jajaran Direksi PLN lainnya.

Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo, menekankan bahwa PLN Electric Run 2024 bukan sekadar acara olahraga, melainkan momentum penting untuk menggalakkan gaya hidup sehat dan ramah lingkungan.

“Tema ‘Power Up Togetherness’ mencerminkan semangat kebersamaan dalam menjaga bumi. Kami ingin mengajak peserta untuk berlari bersama, tidak hanya demi kesehatan, tetapi juga demi masa depan yang lebih hijau,” ujarnya.

Pengurangan emisi dicapai dari aktivitas berlari, dengan perhitungan bahwa kendaraan berbasis BBM menghasilkan emisi 2,4 kg CO2 per 10 kilometer. Dengan jarak total yang ditempuh para pelari, acara ini mampu mengurangi emisi sebesar 14.363 kg CO2, meningkat dari tahun lalu dengan pengurangan 11.880 kg CO2.

“Acara ini membuktikan bahwa melalui kegiatan kolektif seperti berlari, kita dapat berkontribusi pada pengurangan emisi karbon. Ini adalah langkah kecil yang berdampak besar,” tambah Darmawan.

Inisiatif ramah lingkungan lainnya juga diterapkan, seperti penggunaan genset berbasis hidrogen hijau, kendaraan listrik untuk operasional, dan pembagian bibit tanaman. PLN Electric Run 2024 menjadi acara pertama di Indonesia yang menerapkan konsep bebas emisi.

PLN juga mengonversi pengurangan emisi menjadi bantuan berupa 5 motor listrik bagi mitra ojek daring kategori prasejahtera, bekerja sama dengan GOTO, guna mengurangi emisi di sektor transportasi.

PLN Electric Run 2024 turut memberikan hadiah total sebesar Rp730 juta bagi pemenang tiap kategori, pemecah rekor nasional, dan undian berhadiah utama 5 unit motor listrik serta hadiah menarik lainnya. Sebagai penutup acara, musisi GIGI tampil menghibur para peserta dan pengunjung yang hadir.

“PLN Electric Run 2024 menunjukkan bahwa olahraga bisa menjadi alat untuk keberlanjutan, sekaligus mengajak masyarakat aktif dalam mengurangi emisi karbon. PLN berkomitmen untuk terus mendukung tercapainya Net Zero Emissions (NZE) demi masa depan yang lebih hijau," pungkasnya.

Sumber: Sapos.co.id

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • PLN Sukses Gelar PLN Electric Run 2024

Terkini

Iklan