Peringati Hari Konservasi Alam Nasional 2024, DPC PDI Perjuangan Kota Batam Gelar Operasi Bersih Sampah Bersama Pemulung dan Petugas Kebersihan

terkini

Iklan



Peringati Hari Konservasi Alam Nasional 2024, DPC PDI Perjuangan Kota Batam Gelar Operasi Bersih Sampah Bersama Pemulung dan Petugas Kebersihan

Expossidiknews.com
11 Agustus, 2024, 11.33 WIB. Dibaca: kali Last Updated 2024-08-11T04:33:59Z
DPC PDI Perjuangan Kota Batam Gelar Operasi Bersih Sampah Bersama Pemulung dan Petugas Kebersihan. (Foto: Faisal)

BATAM | ESNews – Dalam rangka memperingati Hari Konservasi Alam Nasional 2024, Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDI Perjuangan (PDIP) Kota Batam melaksanakan gerakan operasi bersih sampah dengan Tema "Gerakan Operasi Bersih, Gaya Hidup Berkelanjutan" dengan membuat kegiatan bersama pemulung dan para petugas kebersihan yang dilaksanakan secara serentak seluruh Indonesia

Kegiatan bersih-bersih tersebut dilaksanakan di Kawasan Kaliban Trade Center Punggur, Jalan Patimura, Kota Batam, Kepulauan Riau pada, Minggu (11/8/2024) pagi. Hal ini dilakukan ketika sejumlah partai politik sibuk bermanuver di pemilihan kepala daerah (pilkada).

Ketua BP Pemilu DPC PDIP Kota Batam, Tumbur M Sihaloho mengatakan, menindaklanjuti arahan dari DPP PDI Perjuangan, yang mengintruksikan secara nasional kepada seluruh kadernya di seluruh Indonesia agar melaksanakan kegiatan gotong royong dan bersih-bersih di wilayahnya masing-masing.

"Sesuai dengan program dari DPP PDI Perjuangan secara nasional, kami di DPC menindaklanjutinya dengan melaksanakan gotong royong bersama dan bersih-bersih sampah yang kami pusatkan di wilayah Punggur, kota Batam," ucap Tumbur yang saat itu didampingi oleh Dandis Rajagukguk serta pengurus DPC lainnya.

Menurutnya, kegiatan ini bisa juga dikatakan sebagai salah satu bentuk apresiasi serta penghormatan terhadap profesi terkait kebersihan, termasuk para pemulung.

Sebab, menurut Tumbur, para pemulung dan petugas kebersihan sudah berkontribusi ikut merawat bumi pertiwi, walau kadang perannya sering disepelekan.

"Para pemulung dan petugas kebersihan menjadi salah satu orang yang turut ambil bagian menjadi garda depan untuk ikut merawat bumi. Mereka adalah orang-orang yang sangat berjasa untuk kebersihan dan melindungi bumi ini," ucap Tumbur disela-sela kegiatan bersih-bersih.

Masih kata Tumbur yang saat ini masih aktif sebagai Anggota DPRD Kota Batam Periode 2019-2024, salah satu gerakan merawat bumi yang paling mudah dilakukan adalah tidak membuang sampah secara sembarangan

"Selain itu kita juga harus memilah sampah. Dengan pemilahan sampah oleh warga, pekerjaan para petugas kebersihan jadi dimudahkan," sebutnya.

Selanjutnya, dalam kegiatan bersih-bersih sampah dan saluran air kali ini, pihaknya bekerjasama dengan instansi terkait diantaranya Dinas Lingkungan Hidup Kota Batam dan Dinas Bina Marga Kota Batam dalam hal pengadaan alat-alat berat untuk mensupport kegiatan tersebut.

"Alhamdulillah, Puji Syukur. Kegiatan kita di respon dengan baik oleh Pemerintah Kota Batam dengan mengirimkan satu unit alat berat Backhoe loader atau sering disebut beko, dan juga truck sampah untuk mengangkut sampah yang telah kita kumpulkan," jelasnya.

Dia berharap, kegiatan seperti ini bisa terus dilaksanakan dimasa yang akan datang, untuk membangun kesadaran masyarakat dalam menjaga lingkungan di wilayahnya tetap bersih.

Masih menurut Tumbur, sebagaimana yang kita ketahui bersama bahwa kota Batam merupakan salah satu kota tujuan pariwisata dan juga tujuan investasi. Jika kotanya jorok maka orang-orang akan sungkan datang ke kota ini.

"Jangan sibuk urusin Pilkada aja, tapi kebersihan kota diabaikan. PDI Perjuangan akan tetap terus bergerak menjaga dan melindungi bumi pertiwi agar tetap bersih dan asri," pungkasnya.

Tampak hadir dalam kegiatan itu, Ketua BP Pemilu DPC PDIP Kota Batam sekaligus Anggota Komisi I DPRD Batam, Tumbur M Sihaloho, Angota DPRD Batam, Dandis Rajagukguk, Pengurus DPC, PAC, Ranting dan Anak Ranting serta Badan dan Sayap PDI Perjuangan Kota Batam. (Fay)
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Peringati Hari Konservasi Alam Nasional 2024, DPC PDI Perjuangan Kota Batam Gelar Operasi Bersih Sampah Bersama Pemulung dan Petugas Kebersihan

Terkini

Iklan